Mengenal Program Studi S-1 Kesmas Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi, Organizing Committee Seminar Nasional, Workshop dan Rakernas VII Persakmi

Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Jenderal Achmad Yani Cimahi, yang berlokasi di Jl. Terusan Jenderal Sudirman Cimahi, Jawa Barat adalah sekolah tinggi dibawah naungan Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP). Lembaga yang menyantuni bidang pendidikan dan sangat konsen dalam penciptaan tenaga kesehatan yang professional di bidangnya.

Sebagaimana dilansir dalam website https://stikesayani.ac.id/, Stikes A Yani Cimahi, memiliki beberapa program studi, salah satu diantaranya adalah program studi S-1 Kesehatan Masyarakat, yang telah terakreditasi B, berdasarkan SK 1064/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2016.

Keberadaan program studi kesehatan masyarakat di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES A. Yani), bertujuan menciptakan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) yang mampu berkiprah dalam menangani masalah kesehatan yang kompleks di masyarakat dengan mengetengahkan upaya promotif dan preventif sehingga masyarakat memahami secara keseluruhan proses penyakit dan penanggulangannya dengan tetap melakukan koordinasi dengan tenaga kesehatan lain. Sehingga diharapkan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) lulusan Stikes A. Yani dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal menuju Indonesia Sehat. Keunggulan yang diharapkan dimiliki oleh SKM lulusan Stikes A Yani Cimahi adalah di bidang : 1. Advokasi, 2. Investigasi Masalah Kesehatan Masyarakat, 3. Riset Kesehatan, 4. Analisa Statistik Kesehatan dan 5. Kewirausahaan

Visi Program Studi Kesehatan Masyarakat Stikes A. Yani Cimahi adalah menghasilkan tenaga kesehatan masyarakat yang mempunyai kemampuan integritas intelektual yang tinggi, memiliki jiwa kewirausahaan, nilai kejuangan dan wawasan kebangsaan serta ikut berperan serta dalam pembangunan kesehatan masyarakat, baik di tingkat nasional, regional maupun internasional pada tahun 2015.

Sedangkan misi Program Studi Kesehatan Masyarakat Stikes A. Yani Cimahi antara lain ;

  • Mengelola pendidikan dan pengajaran yang terencana, terpadu, dan terarah sesuai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan masyarakat.
  • Menghasilkan karya ilmiah dan akademik yang dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu kesehatan masyarakat.
  • Mengelola sistem pelayanan kesehatan masyarakat yang difokuskan pada bidang preventif dan promotif melalui pendidikan, penelitian serta pengabdian pada masyarakat.
  • Melakukan kerjasama dengan instansi-instansi terkait yang mendukung proses pembelajaran mahasiswa baik secara lokal, nasional dan global.

Sebagaimana hasil kesepakatan kegiatan Pra Rapat Kerja Nasional Persakmi yang diselenggarakan pada tanggal 2-4 Februari 2018 di Surabaya, diputuskan bahwa kegiatan Rapat Kerja Nasional Persakmi dilaksanakan pada tanggal 7-8 Mei 2018 di Bandung, dengan tuan rumah Stikes A Yani Cimahi dan Persakmi Pengda Jawa Barat.

Berkaitan dengan hal tersebut, PP Persakmi menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan terima kasih kepada Pimpinan/Ketua Stikes A Yani Cimahi, Kepala Prodi S-1 Kesmas Stikes A Yani Cimahi beserta seluruh jajaran, serta Pengurus Daerah Persakmi Jawa Barat yang telah berkenan sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Rapat Kerja Nasional Persakmi, yang kali ini mengambil tema besar “Memantapkan Pembentukan Program Studi Profesi Kesehatan Masyarakat untuk Indonesia Sehat”.

Semoga kesediaan Prodi S-1 Kesmas Stikes A Yani Cimahi sebagai panitia pelaksana penyelenggaraan Rakernas VII Persakmi, akan membawa kemanfaatan yang lebih luas lagi dan semakin membumikan visi luhur Prodi S-1 Kesmas Stikes A Yani Cimahi, yaitu terwujudnya nilai kejuangan dan wawasan kebangsaan serta ikut berperan serta dalam pembangunan kesehatan masyarakat Indonesia yang lebih sehat.
.
Sumber: Stikes A. Yani 

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares