Butuh Upaya Khusus untuk Memperbaiki Akses Kesehatan di Desa Sumber Petung

Kalipare-Kabupaten Malang, 27 Juli 2018

Hari sudah beranjak gelap saat beberapa lelaki-perempuan warga Desa Sumberpetung, Kecamatan Kalipare, mulai berdatangan ke basecamp Sahabat Desa. Ya.. kami hari ini akan melakukan dialog. Diskusi ringan yang dikemas dalam sebuah Diskusi Kelompok Terarah (FGD/Focus Group Discussion), yang dipandu oleh Hario Megatsari, SKM., M.Kes, yang lebih sering dipanggil dengan sebutan Mas Fisto.

Malam ini Dosen dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga itu akan memandu diskusi dengan pendekatan informal. Tujuannya untuk mendapatkan gambaran akses pelayanan kesehatan dari perspektif masyarakat sebagai konsumen. Sebuah perspektif yang seringkali terabaikan.

Malam ini kami terkaget-kaget, seperti baru dibangunkan dari tidur panjang. Betapa tidak? Ketersediaan tenaga kesehatan yang lengkap di Desa Sumberpetung ternyata tidak membuat masyarakat setempat bisa mengakses fasilitas pelayanan tersebut.

 “Dia itu sering tidak ada di tempat pak, pagi.. siang.. sore… kita datangi sering tidak ada. Mungkin kita ini yang salah… karena tidak tahu jadwalnya dia berkerja. Apa sedang ke… Puskesmas… apa upacara… apa tugas lain…

 “Dia itu kalau melayani kasar pak. Mau suntik itu diam-diam saja, tidak ada bicara-bicara… tau-tau juss! Gak ada halus-halusnya…”

 “Yaaa kalau kami di sini ini di Dusun Banduarjo seperti anak gak kenal induk, karena terpisah… kalau berobat ya ke  Puskesmas Pagak atau ke Puskesmas Sumber Manjing Kulon (keduanya merupakan Puskesmas luar wilayah), ya kalau mau ke Puskesmas Kalipare lebih dekat, tapi kan jalannya susah dilewati…”

Itu adalah sedikit gambaran tentang apa yang kami dapatkan dari masyarakat langsung di Sumberpetung. Kebijakan menyediaan tenaga kesehatan dan fasiitas pelayanan kesehatan yang sudah lengkap tidak menjamin akses masyarakat serta-merta menjadi baik. Masih diperlukan upaya khusus untuk menjamin tidak adanya hambatan bagi masyarakat untuk mengakses fasilitas tersebut.

Desa Sumberpetung adalah salah satu wilayah sasaran Program Desa Sehat Berdaya. Program Desa Sehat Berdaya menempatkan satu Sarjana Kesehatan Masyarakat pada setiap desa untuk pengembangan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Program ini digawangi oleh Persakmi Pengda Jawa Timur bekerja sama dengan Yayasan Dana Sosial al Falah Malang sebagai penyandang dana. Dalam pelaksanaannya juga menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Malang sebagai pengampu wilayah.@dl

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares