“Melayani dengan Hati”

Jayapura, 02 Agustus 2017

“Apa faktor utama tenaga kesehatan mau ditempatkan di Papua? Uang?” demikian pertanyaan retoris dilontarkan dr. Silwanus Sumule, Sp.OG (K). Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua ini mencoba menelisik tentang motivasi utama tenaga kesehatan bekerja di wilayahnya.

Hampir serempak bersahutan para peserta pelatihan enumerator Risnaskes 2017 menyahut, “Iyaa, uaang…!”

“Sa rasa tidak,” pungkas dr. Silwanus.

Dokter asal kelahiran Tana Toraja itu kemudian menceritakan bahwa sebelumnya sudah ada dokter spesialis yang didatangkan ke salah satu kabupaten di Pegunungan Tengah Papua. Dengan gaji take home pay sebesar 80 juta rupiah per bulan, dokter spesialis itu hanya mampu bertahan selama satu bulan.

“Spesialis itu bilang buat kerja apa saya di sini pak? Sebulan hanya melakukan satu operasi tumor kecil…” demikian cerita dr. Silwanus tentang alasan yang diberikan spesialis tersebut saat ditanya tentang ketidakbetahannya.

Menutup perbincangan, dr. Silwanus memberi pernyataan penegasan, “Bahwa di Papua itu tidak bisa kita bekerja hanya untuk uang, hanya untuk materi. Kita ditakdirkan dan jadi tenaga kesehatan itu harus melayani dengan hati. Siapa lagi yang akan melayani kampong-kampung Papua bila bukan kita?” @dl

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares