Milleneals Rawan Gangguan Psikologis; Seminar Nasional HIMAKESMAS UMKT

Samarinda (24/11/2019) Hari Kesehatan Nasional yang berlangsung pada tahun ini mengusung tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”, dengan harapan semua masyarakat Indonesia sehat secara fisik maupun mental. Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur sebagai salah satu penggerak mahasiswa maupun masyarakat mengadakan seminar mengenai kesehatan mental pada milleneal yang dilakukan di Aula Co-Working Space UMKT pada hari Ahad, 24 November 2019. Agenda ini atas kerjasama antara Himpunan Mahasiswa Kesmas UMKT dan Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI). Tema seminar mengusung mengenai “Mental Health for Milleneal” dengan pembicara Dewi Kamaratih, S.Psi., M.Psi. Psikolog selaku Dosen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur dan Ns. Linda Dwi Novial Fitri, S.Kep, M.Kep., Sp. Kep J.

Dewi Kamaratih menyampaikan bahwa beberapa penyebab gangguan psikologis pada Milleneal antara lain Phantom Ringing Syndrom, Body Dysmorphic Disorder, Low Forum Frustration Tolerance, Internet Addiction Disorder, Hypocondriasis, Narcistic Disorder, Depression. Novie selaku pembicara kedua menyampaikan bahwa untuk menyelesaikan permasalahan gangguan psikologis pada milleneals antara lain dengan Awarness, Relaxation, Meditation, Interpersonal Communication with caring, problem solving

Dalam kesempatan lainnya dalam rangkaian seminar, Nurjannah selaku ketua menyampaikan “Alhamdulillah peserta cukup antusias dengan kegiatan ini, tercatat kurang lebih 350 peserta hadir dari beberapa perguruan tinggi. Selain karena ilmu yang menarik, ada SKP dari PERSAKMI juga menjadi daya tarik sendiri bagi mahasiswa yang ada kewajiban mengumpulkan kredit point dan SKP di proses perkuliahannya”.

“harapannya, kegiatan ini dapat berlangsung rutin pada tiap tahunnya”, imbuh Nurjannah diakhir wawancara. (PSN)

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares