Nusantara Ethnographic; Kolaborasi 12 Orang Peneliti Kesehatan

Di mana tanah dipijak, di situ langit dijunjung. Jangan mengaku mencintai negeri ini, bila tak mau mengenal dan mengakui setiap adat budaya yang ada di Nusantara.

Dengan gaya bertutur – feature Nusantara Ethnographic diceritakan dengan cara memandang adat budaya Nusantara bukan sebagai sebuah kendala pembangunan, khususnya pembangunan kesehatan. Tetapi adat budaya Nusantara justru dipandang sebagai sebuah potensi yang bisa diberdayakan untuk turut andil sebagai modal sosial pembangunan kesehatan.

Adat budaya Nusantara adalah kearifan lokal yang menjadi ciri sosial setiap suku di Indonesia. Pembangunan kesehatan yang dilakukan dengan memperhatikan kearifan lokal justru akan menambah panjang nafas pembangunan itu sendiri. Pembangunan kesehatan menjadi lebih berkesinambungan karena memperlakukan masyarakat tidak hanya sebagai obyek pembangunan, tetapi justru masyarakat adalah subyek pembangunan itu sendiri.

Besar harapan Nusantara Ethnographic bisa menginfeksi setiap pembaca. Pembaca yang berkenan menyelesaikan buku ini sampai huruf terakhir, untuk lebih mencintai republik ini dengan segala adanya.

Berminat menyelesaikan buku ini? Sila download disini.

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares