“Pemerintah Akan Membangun RS Vertikal di Wamena”

Jayapura, 02 Agustus 2017

“Bisa kita bayangkan berapa kebutuhan tenaga untuk mengisi RS yang akan dibangun pemerintah pusat tersebut?” demikian pertanyaan yang dilontarkan sekretaris dinas kesehatan untuk membesarkan hati para tenaga kesehatan yang menjadi enumerator Risnakes 2017 di Papua.

Silwanus Sumule, Sp.OG (K), sekretaris dinas kesehatan menyambung, “…untuk RS kelas B tempat tidur yang harus tersedia sekitar 400 bed. Setiap pasien harus dilayani 3 perawat. Bisa dihitung kan kebutuhan perawat ada sekitar 1.200 orang. Ini baru perawat, belum tenaga kesehatan yang lain…”

Lontaran pernyataan sekretaris dinas kesehatan ini merupakan sebuah pemicuan semangat untuk membangkitkan semangat tenaga kesehatan asli Papua saat bekerja. “Melayani dengan hati”, demikian motivasi sekretaris dinas kesehatan. Bukannya apa-apa, karena untuk memenuhi kebutuhan tenaga pada RS yang akan dibangun, pemerintah pusat mensyaratkan bahwa tenaga yang akan direkrut adalah tenaga-tenaga kesehatan lokal Papua.

Upaya pemerintah pusat untuk mengutamakan tenaga lokal bisa menjadi sebuah kendala tersendiri dalam pelaksanaannya. “Kita ada masalah kompetensi tenaga kesehatan di (Papua) sini,” kilah dr. Silwanus. @dl

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares