Tips ‘n Trick Menjadi Health Promotor Jaman Now

Surabaya, 21 April 2018

Salah satu materi workshop Public Health Leadership (PHL) sebagai rangkaian acara Musyawarah Daerah Persakmi Provinsi Jawa Timur adalah Tips ‘n Trick Menjadi Health Promotor Jaman Now. Kelas untuk peserta yang tertarik dengan upaya promosi kesehatan versi 2.0 (berbasis internet) ini cukup menarik banyak peminat, terutama para kaum hawa.

Yeni Tri Herwanto, S.KM., M.Kes., yang memandu kelas kekinian ini terlihat sumringah melihat antusiasme peserta. Lelaki yang masih betah menjomblo ini menekankan bagaimana memanfaatkan era kemajuan teknologi informasi untuk mendukung upaya promosi kesehatan yang lebih bersifat kekinian, massif dan viral. Promkes itu bergerak di titik advokasi, bagaimana kita mengemas pesan untuk bisa tersampaikan dan aplikatif. Health promotor harus bisa mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi saat ini. “Jaman sekarang, kita adalah produsen informasi. Peran kita harus bisa memenuhi informasi dengan hal-hal yang positif, preventif dan promotif,” tegas Tri Herwanto.

Hal lain yang ditekankan Tri Herwanto adalah perlunya promotor kesehatan untuk perlu memahami kebijakan. Prasyarat ini diperlukan agar lebih mudah dalam advokasi, terutama kebutuhan dasar di masyarakat melalui prioritas penggunaan dana desa. “Tahun 2014 advokasi ADD (Anggaran dana desa) belum banyak yang pakai untuk promosi kesehatan di desa. Karena pemahaman kebijakan dan peluang advokasi masih minim,” jelasnya.

Selain kelas workshop Tips ‘n Trick Menjadi Health Promotor Jaman Now, even PHL juga menampilkan kelas Akreditasi Tidak Hanya Sertifikasi, Penurunan AKI/AKB sebagai Wujud Optimalisasi Program Indonesia Sehat, dan Pemanfaatan Survei Kesehatan untuk Perencanaan. Setidaknya ada sekitar 160 peserta yang membanjiri even Public Health Leadership dari beragam latar belakang. Ruang Satya Husada Dinkesprov Jatim terlihat dipenuhi peserta dari Rumah Sakit, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, mahasiswa, BNN, LSM, dan swasta serta peserta umum. Setidaknya tercatat 166 peserta yang antusias mengikuti acara musda Jatim ini. @dl

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares