“Inovator Pengembangan Program Upaya Kesehatan Kerja di Kota Tanjungpinang” – Andi Kurniawan, S.KM, MPH

Andi Kurniawan, S.KM, MPH lahir di Dabo Singkep, Provinsi Kepulauan Riau, 36 tahun lalu. Pria Capricorn ini meraih gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) dari Universitas Diponegoro. Tahun 2014, gelar Master of Public Health (MPH) diraihnya dari Universitas Gadjah Mada.

Pria penggemar masakan melayu ini juga tercatat sebagai inovator pengembangan program Upaya Kesehatan Kerja (UKK) bagi pekerja sektor informal melalui kegiatan promotif dan preventif di Pos UKK. Pos UKK merupakan wadah Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) untuk memberikan pelayanan kesehatan pada pekerja sektor informal, seperti petani, nelayan, pengrajin, pedagang kaki lima dan lain sebagainya. Pada Tahun 2008, Andi bersama timnya berhasil membentuk 4 Pos UKK di Kota Tanjungpinang. Ternyata, 4 Pos UKK ini juga berhasil memicu terbentuknya Pos UKK lainnya di berbagai kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau. 

Selain itu, disela kesibukan kesehariannya di Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungpinang, Andi bersama tim SKM bahu-membahu menggerakkan Persakmi Provinsi Kepulauan Riau. Semangat dan dedikasinya tidak akan pernah terhenti untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di bumi pertiwi.

 

Salam #SKMuntukRepublik #inspiringSKM

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares