Reportase Seminar & Sarasehan Nasional Kesehatan Masyarakat 2015

 #SKMbersatu. Semangat persatuan dan pergerakan Sarjana Kesehatan Masyarakat ini yang mengawali Seminar dan Sarasehan Nasional Kesehatan Masyarakat pertama di Jawa Timur yang digagas oleh PERSAKMI Jawa Timur. Dukungan yang serupa juga didukung oleh Ikatan Alumni FKM Universitas Airlangga yang sejatinya adalah penggerak alumni bertitel S.KM ini. Acara dilaksanakan selama dua hari, yaitu16 – 17 Oktober 2015, para peserta yang datang kurang lebih mencapai 400 orang yang memenuhi Grand Kahuripan 300 Rektorat Universitas Airlangga terdiri dari mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat, Para Praktisi S.KM lintas profesi (Negeri, Swasta dan LSM) datang dengan semangat berbagi yang dapat mengetahui dan mempelajari pengetahuan terkini seputar Isu terkini kesehatan masyarakat dan kegiatan pergerakan profesi sarjana kesehatan masyarakat.

Forum pertama ini mengambil tempat di Surabaya dan diisi oleh pembicara ahli dari Pengurus Pusat PERSAKMI dan dari Senior di Dunia Pendidikan Kesehatan Masyarakat. Sesi Hari pertama berisi Plenary Session yang mempresentasikan updating materi yang menarik, dan siang harinya dilanjutkan dengan Talkshow Inspiring S.KM dari beberapa alumni S1 IKM FKM Unair dan Oral presentation. Sesi Hari kedua merupakan acara inti berupa Seminar dan Sarasehan Nasional yang mengundang keynote speech Prof. Dr. Haryono Suyono tentang topik utama pembangunan berwawasan kesehatan. Dalam paparannya Prof.Dr. Haryono Suyono mendorong para S.KM untuk turun ke desa untuk membangun grassroot dengan konsep pemberdayaan kesehatan. Desa dipandang beliau sebagai kekuatan utama dalam pembangunan kesehatan. Dan tantangan ini dijawab Ketua Umum PP PERSAKMI dengan jawaban yang tegas dan penuh keyakinan bahwa beliau yakin “1000 S.KM akan siap untuk diterjunkan dengan berkoordinasi dan konsolidasi lintas sektoral bersama pemegang kebijakan”.

Kesiapan “1.000 S.KM turun ke Desa dijawab dalam sambutan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Bapak Harsono dengan tangan terbuka dan pada sambutannya beliau mengapresiasi peran S.KM khususnya di Jawa Timur dalam mensukseskan Program Kesehatan Masyarakat yang berbasis Preventif dan Promotif. Sambutan bernada optimis juga meluncur dari Wakil Rektor III Universitas Airlangga Prof. Amin yang mewakili Rektor yang sekaligus membuka acara.

Di utama hari kedua, Paparan demi paparan disampaikan antara lain oleh Dr. Djazuly Chalidyanto, S.KM., M.ARS yang mengevaluasi JKN dalam perspektif pembangunan berwawasan kesehatan, Prof. Dr. Ridwan AmiruddinSKM., M.Kes., Msc.Ph. memberikan materi peran strategis S.KM dalam pembangunan berwawasan kesehatan, dan dalam panel Seminar Nasional ini juga dihadiri oleh Anggota DPRD I jawa Timur Komisi E Agatha Retnosari. Rangkaian acara ini dimeriahkan juga oleh penampilan Akustik Band (Senja di Sunday), Tari Saman Aceh oleh BSO Tari FKM Unair, Paduan Suara FKM Unair, dan Open Mic Stand Up Comedy oleh Komikan Pulung Siswantara, S.KM., M.Kes (Dosen Departemen PKIP FKM Unair)

Sesi terakhir dalam hari kedua digelar juga Sarasehan S.KM yang mengundang Dekan Pertama FKM Universitas Airlangga Prof. Dr. Rika Subarniati, S.KM yang memberikan kilas balik pendidikan Sarjana Kesehatan Masyarakat di Universitas Airlangga, Hanifa Maher Denny, S.KM., M.PH., Ph.D juga memberikan paparan mengenai kesiapan PERSAKMI dalam membina S.KM di era AFTA/MEA, Meytha Nurani, S.KM sebagai Senior Leader di NGO memberikan pandangan tentang kiprahnya di pergerakan LSM berbasis Kesehatan Masyarakat. Dari kesemua materi dan paparan di Hari Kedua membuat para #SKMbersatu hanyut dalam semangat dan rasa persatuan yang mendalam untuk ikut ambil bagian dan bekerja nyata dari berbagai sektor untuk menjadi aktor dalam pembangunan kesehatan masyarakat di Indonesia. S.KM Jaya! (iar)
DOWNLOAD MATERI :

      ➡  (BARU) MATERI SEMINAR DAN SARASEHAN 

happy wheels

One thought on “Reportase Seminar & Sarasehan Nasional Kesehatan Masyarakat 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares