Pedoman Tatalaksana Infeksi HIV dan Terapi Antiretroviral Pada Anak di Indonesia

Perkembangan epidemi HIV-AIDS di dunia telah menyebabkan HIV-AIDS menjadi masalah global dan merupakan salah satu masalah Kesehatan masyarakat Indonesia. Dengan semakin meningkatnya pengidap HIB dan kasus AIDS yang memerlukan terapi ARV (antiretroviral), maka strategi penanggulangan HIV dan AIDS dilaksanakan dengan memadukan upaya pencegahan dengan upaya perawatan, dukungan serta pengobatan.

Kementerian Kesehatan RI mempunyai visi “Masyarakat Sehat yang Mandiri dan Berkeadilan”, dengan salah satu misinya adalah “Melindungi Kesehatan Masyarakat dengan Menjamin Tersedianya Upayana Kesehatan yang Paripurna Merata Bemutu dan Berkeadilan”. Sejalan dengan visi dan misi tersebut, sangatlah penting untuk memadukan upaya promotif dan preventif dengan upaya perawatan, dukungan serta pengobatan yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan yang ada saat ini.

Sejak beberapa tahun belakangan ini telah banyak kemajuan yang telah dicapai dalam program pengendalian HIV di Indonesia. Berbagai layanan terkait HIV telah dikembangkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkannya.

Pedoman Tatalaksana Infeksi HIV dan Terapi Antiretroviral pada Anak di Indonesia diterbitkan sebagai salah satu upaya di atas yang dapat menjadi acuan bagi semua pihak terkait dalam penanggulangan dan pengendalian HIV dan AIDS khususnya terapi Antiretroviral pada anak. Buku ini juga melengkapi buku Pendoman Nasional Terapi Antiretroviral dan Tatalaksana Klinis Perawatan Dukungan dan Pengobatan bagi ODHA Remaja dan Dewasa.

Unduh disini

Semoga bermanfaat,

Salam #SKMbersatu

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares