Menentukan Agen Perubahan Desa Sehat Berdaya dengan Sosiogram

Kalipare-Kabupaten Malang, Sabtu, 30 Juni 2018

Pada kesempatan kali ini Sahabat Desa yang ditempatkan di tiga desa di Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang berkesempatan berdiskusi dengan tim dari Persakmi Pengda Jatim. Pertemuan yang didesain semi formal ini dilakukan di basecamp Sahabat Desa di Desa Sumber Petung. Hadir pada forum dikusi kali ini tim Persakmi dari unsur Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, akademisi Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan peneliti dari Badan Litbang Kementerian Kesehatan.

Pada pertemuan di hari yang cukup cerah ini para Sahabat Desa selain mendiskusikan laporan kemajuan mereka di lapangan, juga mendapatkan beragam materi menarik. Salah satunya adalah tentang “Pemanfaatan Sosiogram”.

Sosiogram adalah salah satu tools yang sangat mudah tetapi efektif untuk memetakan para tokoh di lapangan yang akan dipilih menjadi seorang promotor kesehatan atau seorang agen perubahan. Tools yang diperkenalkan oleh J.L. Moreno ini merupakan sebuah struktur suatu kumpulan orang, terwujud dalam hubungan satu sama lain yang didasarkan atas rasa tertarik dan rasa tak suka.

Secara sederhana Sosiogram terdiri atas sejumlah tanda (lambang) yang memperlihatkan sifat hubungan masing-masing anggota dan kumpulan dalam masyarakat di lapangan. Sosiogram merupakan hubungan antar anggota secara subyektif menurut pandangan masyarakat sendiri.

Dalam konteks program Desa Sehat Berdaya, Sosiogram berguna untuk memilih agen perubahan yang dibutuhkan dalam intervensi. Dengan menggunakan Sosiogram kita dapat mengurangi resistensi yang ada di masyarakat. Hal ini karena kita memilih tokoh yang benar-benar disukai oleh sebagian besar masyarakat sasaran. Dengan menggunakan Sosiogram juga bisa menumbuhkan rasa memiliki atas program yang kita pada lepas ke masyarakat.

Dengan memanfaatkan tokoh setempat sebagai agen perubahan, maka kita akan memiliki daya ungkit atas keberhasilan program yang jauh lebih besar. Hal ini bila kita bandingkan daripada kita sendiri yang melakukannya.

Tertarik untuk belajar Sosiogram? Materi paparannya silahkan diunduh disini. @dl

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares