Terima Kasih untuk Sahabat Desa

Kalipare-Kabupaten Malang, 01 Juli 2018

“Telolet.. telolet…,” sebuah pesan singkat masuk melalui gawai admin Desa Sedaya,

“Terima kasih untuk Sahabat Desa @Arsya Nur Azizah. Telah banyak berbuat dan bersinergidengan masyarakat…”. Ahh… sebuah pesan yang membunga hati sesiapa saja yang terlibat dalam pilot project Desa Sehat Berdaya ini.

Pesan singkat ini dikirim oleh Listiono, seorang tokoh masyarakat di Desa Sumber Petung. Salah satu desa di Kecamatan Kalipare yang memiliki akses transportasi fisik terbatas ini merupakan salah satu wilayah sasaran Desa Sehat Berdaya yang ditempati oleh seorang Sahabat Desa.

Adalah Arsya Nur Azizah, seorang Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) yang menjadi Sahabat Desa di Desa Sumber Petung. SKM lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Jember ini menurut Listiono sangat cantik dalam upayanya untuk langsung berbaur dengan masyarakat setempat.

Pernyataan tokoh penggerak setempat ini cukup mengejutkan. Bagaimana tidak? Pesan singkat ini diterima admin Desa Sedaya pada tanggal 31 Mei 2018, sementara itu para Sahabat Desa ini diserahterimakan ke Dinas Kesehatan, pihak Kecamatan Kalipare dan Puskesmas Kalipare, pada tanggal 11 Mei 2018. Sebuah proses membaur yang cukup cepat dari seorang Sahabat Desa.

Sementara itu kabar baik lain diterima dari Sahabat Desa yang ditempatkan di Desa Kaliasri. Joko Prayitno, Sahabat Desa yang ditempatkan di tesa tertinggi di Kecamatan Kalipare ini didaulat masyarakat setempat untuk menjadi khatib dan imam shalat Iedul Fitri di Masjid setempat.

Joko Prayitno, seorang SKM lulusan FKM Universitas Airlangga ini mampu menarik perhatian warga melalui kepiawaiannya mengaji. Lelaki asli Padang ini tak segan untuk ikut bergabung dalam kegiatan keagamaan warga. Salah satu strategi intervensinya adalah dengan memanfaatkan forum rutin Yasinan (baca Surah Yasin). @dl

happy wheels

One thought on “Terima Kasih untuk Sahabat Desa

  1. Mury Ririanty

    Alhamdulillahirobbil’alamin….. Tidak ada kata yang tepat selain syukur saya sampaikan ketika generasi muda S. KM bergerak dan bersinergi secara nyata. Bangga dan bahagia kami pernah menjadi sepersekian bagian kecil dlm mendampingi mbak Arsya belajar di bangku kuliah. Pelajaran berarti bahwa menjadi mahasiswa tidak hanya kuliah tapi mengembangkan kepekaan di masyarakat untuk bekal di masyarakat seperti mbak Arsya. Barokallahu

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares