Dibutuhkan Petugas Wawancara Lapangan – PEER Health Research Project: Impact of Secondhand Smoke Exposure on Low Birthweight Prevalence

PEER Health Research Project: Impact of Secondhand Smoke Exposure on Low Birthweight Prevalence

 

Job Description: Petugas Wawancara Lapangan/Enumerator

Organisasi : Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK), Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada

Posisi : Petugas Wawancara Lapangan

Area Kerja : Kabupaten Lombok Utara dan Kota Bima & Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Pendahuluan : Posisi ini akan bertanggung jawab terhadap hal-hal teknis meliputi perekrutan, edukasi, wawancara, dan memantau rumah tangga untuk berpartisipasi pada penelitian ini. Tugas petugas wawancara lapangan juga mengunjungi ibu hamil dalam suatu rumah tangga, menentukan apakah layak diikutsertakan dalam penelitian, melakukan wawancara secara periodik kepada anggota keluarga rumah tangga yang terlibat Penelitian secara ketat dand sesuai protocol penelitian. Posisi ini membutuhkan kandidat dengan kemampuan komunikasi interpersonal dan networking. Selain itu, kandidat harus memperhatikan hal-hal secara detail, mampu mengikuti prosedur dan protocol, dan bersedia melakukan kunjungan setiap hari ke rumah tangga di lokasi  (Kota dan Kabupaten Bima). Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa lokal adalah suatu hal yang penting. Petugas Wawancara Lapangan akan disupervisi oleh Pengawas Lapangan (supervisor).

Tanggung Jawab Perkerjaan

  1. Melakukan kunjungan rumah ke rumah tangga dengan ibu hamil yang baru teridentifikasi.
  2. Menentukan apakah rumah tangga memenuhi syarat atau tidak untuk berpartisipasi dalam  Penelitian.
  3.  Untuk rumah tangga yang memenuhi syarat, Petugas Wawancara Lapangan harus melakukan edukasi dan prosedur perekrutan, termasuk melakukan “informed consent”, pada rumah tangga yang bersedia.
  4. Melakukan wawancara awal kepada anggota keluarga dalam rumah tangga yang masuk dalam penilitian.
  5. Menaati jadwal yang ketat untuk melakukan wawancara lanjutan pada rumah tangga yang masuk dalam penilitian.
  6. Melakukan pengukuran antropomorfik dan pengukuran lainnya pada rumah tangga yang masuk dalam penilitian.
  7. Mengumpulkan form hasil wawancara secara lengkap ke Pengawas Lapangan secara berkala dan tepat waktu.
  8. Berpartisipasi dalam pertemuan dengan Pengawas Lapangan untuk memeriksa kualitas hasil wawancara yang sudah dilakukan. Melakukan kunjungan ulang jika ditemukan masalah yang berkaitan dengan kualitas data.
  9. Membantu Koordinator Lapangan dan Pengawas Lapangan untuk mengkoordinir pelatihan-pelatihan (bidan, staf puskesmas, kader masyarakat atau tokoh masyarakat) yang akan dilaksanakan selama penelitian berlangsung.
  10. Membuat dan melaporkan laporan aktivitas mingguan kepada Supervisor Lapangan.
  11. Berkoordinasi dengan bidan, puskesmas, dan rumah sakit di Kota dan Kabupaten Bima guna mendapatkan informasi ibu yang baru teridentifikasi hamil, melakukan edukasi tentang anti-rokok kepada keluarga yang masuk dalam penilitian, dan guna mendapatkan berat badan lahir bayi yang akurat dalam jangka waktu 24 jam pasca kelahiran.
  12. Membantu Pengawas Lapangan dan staf lainnya untuk memberikan pelatihan kepada mitra Penelitian.

Waktu yang dibutuhkan :  Posisi ini adalah posisi penuh waktu dan akan segera ditugaskan ke lapangan. (Tidak diizinkan memiliki/melakukan pekerjaan lain di luar posisi ini.)

Penempatan Personel :  Petugas Wawancara Lapangan akan ditempatkan di Kota Bima & Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, dan akan disupervisi oleh Pengawas Lapangan.

Informasi Persyaratan dan Pendaftaran UNDUH DISINI

Paling Lambat 7 Agustus 2016

Salam. #SKMbersatu

Loowongan Kerja Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.KM)

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shares