“Policy Brief: Upaya Peningkatan IPKM di Indonesia” oleh Nunik Kusumawardani, SKM., Ph.D. dkk.

Policy brief ini dirumuskan berdasarkan hasil studi kualitatif di sembilan Kabupaten/Kota di Indonesia (Nagan Raya, Padang Sidempuan, Tojo Una-Una, Gunungkidul, Wakatobi, Murung Raya, Seram Bagian Barat, Lombok Barat, dan Tolikara) pada tahun 2015, sebagai tindak lanjut dari hasil Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat tahun 2013.

Hasil Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) menunjukkan hasil yang bervariasi di antara 497 Kabupaten/Kota di Indonesia. Beberapa Kabupaten/Kota mengalami peningkatan ataupun penurunan nilai IPKM pada tahun 2013 dibandingkan dengan IPKM 2007. Policy brief ini merupakan kumpulan rekomendasi kebijakan yang diperlukan untuk dapat meningkatkan nilai IPKM yang berkaitan dengan kondisi sosial, ekonomi, budaya, maupun geografis di wilayah Kabupaten/Kota terpilih. Policy brief ini diharapkan dapat memberikan semangat ataupun pemikiran yang inovatif bagi Kabupaten/Kota dalam membangun kesehatan secara lebih terarah dan terpadu. Diharapkan juga bahwa policy brief ini menjadi pembelajaran bagi kabupaten/kota lainnya, terutama yang memiliki konteks sosial budaya ataupun geografis yang mirip.

Penulis

Nunik Kusumawardani, Agung Dwi Laksono, Setia Pranata, Turniani Laksmiarti, Tumaji, Mochamad Setyo Pramono, Lely Indrawati,  Kasnodihardjo, Noor Edi Sukoc,  Rachmalina Soerachman, Mara Ipa, Ina Kusrini, Tatik Mudjiati, Asep Kusnali, Irfan Ardhani, Aria Kusuma, FX. Sri Sadewo, Rais Yunarkom, Dwi Priyanto, Yuana Wiryawan Nurillah Amaliah, Nur Handayani Utami, Bunga Ch. Rosha, Kencana Sari

Editor

Prof. dr. Agus Suwandono, MPH, Dr.PH ; Dr. Trihono, M.Sc ; Dr. Semiarto Aji Purwanto Atmarita, MPH., Dr.PH

Harga GRATIS

Unduh File PDF disini


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *