Rekrutmen Tenaga Pengumpul Data Rikhus Vektora Tahun 2016 Tahap ke – 2

 

Riset Khusus Vektor dan Reservoir Penyakit (Rikhus Vektora) merupakan salah satu riset nasional yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan dengan tanggung jawab pelaksana oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Litbangkes di Salatiga, yaitu Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP).

Rikhus Vektora adalah suatu kegiatan riset yang diarahkan untuk mengetahui gambaran vektor dan reservoir penyakit di Indonesia, termasuk di dalamnya adalah data nyamuk, tikus dan kelelawar dengan menggunakan hasil observasi bionomik, uji identifikasi dan pemeriksaan laboratorium.

Tujuan pelaksanaan riset khusus vektor dan reservoir ini adalah untuk melakukan pemuktahiran data vektor dan reservoir penyakit secara nasional sebagai dasar pengendalian penyakit tular vektor dan reservoir (baik jenis penyakit infeksi baru maupun yang muncul kembali) di Indonesia.

Pada Tahun 2016 ini, Rikhus Vekotra akan dilaksanakan di 15 Provinsi di Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut, kami kembali membuka kesempatan untuk pendaftaran rekrutmen tenaga pengumpul data tahap ke dua Rikhus Vektora untuk peminatan Vektor dan Reservoir. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 11 Januari 2016 hingga 31 Januari 2016.Adapun syarat-syaratnya sebagai berikut :

  1. Syarat Pendaftaran : S1 biologi/Kedoteran hewan/kehutanan (konservasi sumber daya hutan)/ Kesehatan Masyarakat (epidemiologi,kesling,entomologi)/D3 kesehatan hewan/Kesehatan lingkungan atau jurusan lain yang telah berpengalaman dalam survei lapangan nyamuk, tikus dan/atau kelelawar.
  2. Memilih salah satu dari dua peminatan : Vektor atau Reservoir
  3. Tim pengumpul data vektor : adalah tim pengumpul data yang melakukan survei pengumpulan data vektor berupa nyamuk dan jentik.
    1. Bertanggung jawab mengumpulkan, mengidentifikasi hingga tingkat spesies dan melakukan penanganan sampel nyamuk (pemilihan spesies sesuai dengan uji sampel yang akan dilakukan, handling sample awetan nyamuk, menjaga cold chain)  di lapangan
    2. melakukan pengumpulan jentik dan penanganan jentik mulai dari pemeliharaan di lapangan hingga pengawetan jentik untuk di kirim ke laboratorium.
    3. Bagi yang berminat untuk bergabung dengan tim pengumpul data vektor maka lamaran di kirimkan ke email : pendaftaranrikhus.vektor@gmail.com
  4. Tim pengumpul data Reservoir : adalah tim pengumpul data yang melakukan survei pengumpulan data reservoir berupa tikus dan kelelawar
    1. Bertanggung jawab mengumpulkan, mengidentifikasi hingga tingkat genus dan melakukan penanganan sampel tikus (pembedahan, pengambilan organ untuk uji pathogen, menjaga cold chain) di lapangan.
    2. Bertanggung jawab mengumpulkan, mengidentifikasi hingga tingkat genus dan melakukan penanganan sampel kelelawar (pembedahan, pengambilan organ untuk uji pathogen, menjaga cold chain) di lapangan.
    3. Bagi yang berminat untuk bergabung dengan tim pengumpul data reservoir maka lamaran di kirimkan ke email : pendaftaranrikhus.reservoir@gmail.com

Untuk informasi syarat pendaftaran lebih lanjut, bisa di lihat disini.

Salam #SKMbersatu


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

2 responses to “Rekrutmen Tenaga Pengumpul Data Rikhus Vektora Tahun 2016 Tahap ke – 2”

  1. Drs. H. LaOde Saafi, DAP&E, M.Sc. Avatar
    Drs. H. LaOde Saafi, DAP&E, M.Sc.

    Sayang saya baru tahu informasinya, ketika sudah habis batas waktu pendaftaran

  2. ike rachmawati Avatar
    ike rachmawati

    wuaaa,,, saya tidak masuk ya,, hehe apa kemaren telat ya ngirimnya heheh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *