Call for Abstract : Pertemuan AIDS Nasional 5

Pernas AIDS

SALAMAKKI BATTU RI TANAH BUGIS, MAKASSAR, TORAJA & MANDAR

Pertemuan Nasional (Pernas) AIDS merupakan forum diskusi nasional para pemangku kepentingan dari setiap tingkatan dan sektor (pemerintah & komunitas) untuk melakukan review bersama dan berbagi pengalaman atas situasi epidemi HIV dan AIDS di Indonesia, serta berbagai upaya penanggulangan yang telah dilakukan dan tantangan ke depan.

Pernas AIDS membuka ruang bagi para pemangku kepentingan yang bergerak di bidang penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia untuk dapat saling berbagi pengetahuan dan pembelajaran terkait isu HIV dan AIDS yang sedang berkembang demi keselarasan dan percepatan program penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia serta membuka peluang lahirnya kemitraan-kemitraan strategis antara pemerintah, perusahaan swasta dan organisasi masyarakat sipil.

Sebelumnya, kegiatan Pertemuan Nasional AIDS diselenggarakan setiap sekali dalam dua tahun. Pelaksanan Pertemuan Nasional (Pernas) AIDS IV diselenggarakan di DI Yogyakarta pada tahun 2011 dengan sekurangnya melibatkan 2500 orang peserta, dengan menampilkan 134 presentasi abstrak oral, 225 presentasi abstrak poster dan 60 sesi pertemuan secara parallel. Pernas AIDS IV memberikan beasiswa kepada 300 orang, baik secara utuh maupun terbatas, untuk dapat berpartisipasi di dalam Pernas AIDS IV. Sekurangnya 24 perusahaan swasta dan 100 media lokal, nasional dan internasional terlibat di dalam Pernas AIDS IV. Berbagai rekomendasi strategis telah dihasilkan melalui Pernas AIDS IV untuk dapat mendorong percepatan upaya penanggulangan AIDS di Indonesia.

Tepat empat tahun setelah pelaksanaan Pernas AIDS IV, KPA Nasional menganggap penting untuk menyelenggarakan Pernas AIDS ke-5, khususnya untuk mempersiapkan strategi baru untuk menghadapi tantangan penanggulangan HIV dan AIDS setelah tahun 2015, termasuk memastikan Indonesia mencapai 3 Zeroes: New HIV Infections, Zero AIDS-related Deaths and Zero Stigma and Discrimination pada tahun 2030.

Pernas AIDS V direncanakan untuk diselenggarakan pada tanggal 25 – 29 Oktober 2015 di Makassar, Sulawesi Selatan dan diharapkan dihadiri sekurangnya oleh 1000 orang peserta yang merupakan perwakilan dari instansi pemerintah, organisasi masyarakat sipil, akademisi, praktisi, jaringan popukasi kunci dan Odha, perusahaan swasta dan media massa.

Berbeda halnya dengan penunjukan Tuan Rumah Pernas IV, pemilihan Tuan Rumah Pernas AIDS V dilakukan melalui proses seleksi Call for Proposal yang dilakukan pada bulan Maret 2013. Dengan adanya keterlibatan aktif pemerintah daerah selaku Tuan Rumah, diharapkan dapat mendorong adanya pendanaan mandiri yang dapat bergulir dengan sendirinya (self-financing), partisipasi aktif tingkat daerah dalam mengelola Pernas AIDS (enforce local participation), serta peningkatan dan penguatan kapasitas daerah dalam pelibatan sektor swasta (enlarge and strengthen public-private partnership).

Informasi Lebih Lanjut : Pernas AIDS 5

happy wheels

One thought on “Call for Abstract : Pertemuan AIDS Nasional 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares