“Bungkus Daun Tiga Jari” – Film Seri Riset Etnografi Kesehatan Tahun 2014

No video URL found.

Sahabat #SKMbersatu pastinya pernah mendengar “Daun Tiga Jari” yang sangat tersohor dari bumi Papua. Daun yang dipercaya oleh masyarakat sekitar dan membuat penasaran masyarakat di luar untuk menambah keperkasaan pria.

Agar tidak semakin penasaran, sahabat bisa langsung melihat dokumentasi film seri riset etnografi kesehatan tahun 2014 tentang “Bungkus Daun Tiga Jari”. Film ini merupakan salah satu seri film yang dihasilkan bersamaan dengan buku berjudul “9. Di Balik Rahasia Bungkus Daun Tiga Jari”, yang merupakan hasil dari Riset Etnografi Kesehatan yang diselenggarakan oleh Pusat Humaniora pada Tahun 2014 pada suku Irarutu di Kabupaten Kaimana.

(buku bisa diunduh disini)

1-a44a5c8fc0

Sering kita dengar tentang perilaku seks orang Papua yang unik.Bungkus adalah upaya membuat laki-laki perkasa dalam melakukan aktivitas seksual. Pengamatan terhadap bungkus menunjukkan bahwa itu bukan suatu mitos.

Sebagai perwujudan nilai maskulinitas, bungkus yang dilakukan remaja dan dewasa tidak lepas dari risiko kesehatan. Secara sosial, fenomena bungkus juga berisiko pada terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Pengakuan wanita pekerja seksual tentang akibat penggunaan bungkus merupakan indikasi risiko lainnya. Semua itu akan menjadikan orang Papua di Kaimana yang ekspresif perilaku seksualnya sebagai “vulnerable people”

Sumber : Pusat Humaniora 

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shares