Lowongan Kerja Sarjana Kesehatan Masyarakat sebagai Staf Lapangan di Yayasan Nurani Luhur Masyarakat

Januari 27, 2018

Job Title:

Field Officer (Staff Lapangan)

Job Category:

Mobilisasi Masyarakat

Department/Group:

Community Development

Job Code/ Req#:

Location:

Mataram – NTB

Travel Required:

Tinggal bersama masyarakat

Level/Salary Range:

Click here to enter text.

Position Type:

Pekerja waktu penuh

HR Contact:

Jesmon Barutu

Octavia

Date posted:

January 22, 2018

Will Train Applicant(s):

Group Facilitating Process

Savings

Posting Expires:

January 29, 2018

Applications Accepted By:

Fax or E-mail:

(425) 555-0123 or nuraniluhurmasyarakat@gmail.com

Mail:

Jesmon Barutu

HR, Yayasan Nurani Luhur Masyarakat, Pusat

[P.O. Box]

Jl.Ring Road/gagak Hitam No. 4,Asam Kumbang-Medan Selayang | 20133 | Medan-Sumatra Utara

(061) 4208 1603

Octavia Christina

HR, Yayasan Nurani Luhur Masyarakat, Kantor Lombok

[P.O. Box]

Jl. Arya Banjar Getas no 10, Taman Sari |Ampenan – NTB

(0370) 649711

Job Description

Yayasan Nurani Luhur Masyarakat (YNLM) adalah sebuah organisasi non-profit yang bergerak dibidang pengembangan masyarakat yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara. YNLM pada saat ini melakukan proyek pengembangan masyarakat di Langkat, Provinsi Sumatera Utara dan Lombok, Nusa Tenggara Barat dan tidak tertutup kemungkinanan akan berekspansi ke daerah lain di Indonesia, dalam melakukan proyek pengembangan masyarakat YNLM bekerjasama dengan pemerintah, masyarakat serta organisasi organisasi terkait lainnya. YNLM melakukan program yang berkaitan dengan kesejahteraan anak – anak, kesehatan masyarakat dan peningkatan perekonomian keluarga. YNLM ingin berkontribusi dalam pembangunan jangka panjang dan berkelanjutan yang positif bagi anak-anak, keluarga dan masyarakat di desa binaan di Indonesia pada umumnya.

Tugas  Field Officer

  1.  Membantu melakukan identifikasi dan seleksi pengurus Asosiasi.
  2. Melatih Pengurus Asosiasi penggerak pembangunan desa agar dapat memfasilitasi proses belajar bagi masyarakat miskin dan rentan.
  3. Menguatkan kemampuan pengurus asosiasi dalam hal manajemen mencakup perencanaan, pengelolaan kegiatan, monitoring dan evaluasi
  4. Melakukan identifikasi keluarga keluarga miskin di kota mataram, perorangan calon penerima manfaat., serta melatih pengurus Asosiasi Penggerak pembangunan dalam melakukan pendampingan di masyarakat.
  5. Membangun komunikasi dan relasi sinergis dengan para pemimpin formal dan non formal tingkat kelurahan,  tingkat kecamatan, petugas puskesmas, pelaku usaha, serta koperasi yang berkaitan.
  6. Memantau rangkaian kegiatan Asosiasi Penggerak pembangunan di berbagai lokasi dalam periode yang sama.
  7. Bersama Asosiasi melakukan mobilisasi seluruh peserta agar aktif dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik.
  8. Menghimpun, mengolah data baik itu tentang pendidikan anak dan orang dewasa, informasi dan akses kesehatan,kemampuan mengolah makanan sehat, pengasuhan anak, merawat orang sakit, pekerjaan dan pendapatan masyarakat, serta informasi dan peluang pasar di daerah dampingan

Tanggung Jawab

sebagai penghubung kunci antara organisasi dengan masyarakat penerima manfaat serta pemerintahan terkait, petugas pelaksana lapangan haruslah menunjukkan perilaku yang menghormati dan menghargai orang lain, memperlihatkan tindakan keyakinan inti organisasi dalam tugas tugas teknis yang di emban berupa rencana, pelaksananaan dan pelaporan merupakan tanggungjawab utama sebagai staff proyek. Adapun yang menjadi tanggungjawab petugas pelaksana lapangan adalah sebagai berikut:

Perencanaan

  1. Membuat rencana kalender kerja tahunan pelaksanaan kegiatan proyek untuk menghasilkan keluaran yang berdampak sesuai dengan indeks unjuk kerja (key performance index – KPI) yang di tetapkan pimpinan proyek sejak awal tahun proyek berjalan dan merupakan turunan dari kerangka kerja logis proyek – LFA
  2.  Membuat dan menyusun TOR dan laporan dari kegiatan khusus/event
  3. Menyusun dan melaporkan data data secara spesifik hasil assesment, penerima manmfaat aat, benefeceries, daftar hadir, hasil dari kegiatan khusus, output dari milestone dll.
  4.  Menyusun rencana keuangan mingguan dan bulanan sesuai dengan rencana tahunan.

Administrasi

  1. Menulis laporan kegiatan mingguan, laporan kegiatan disertai laporan dan bukti dokumen yang di laporkan kepada koordinator proyek.,
  2. Membuata kerangka acuan kegiatan/event (term of reference) serta pelaporan hasil kegiatan secara tertulis dan mengajukan ke koordinator
  3. Membuat rencana kerja mingguan rutin serta even ke coordinator proyek untuk mendapatkan arahan dan persetujuan
  4.  Membantu koordinator dalam segala hal yang menyangkut administrasi baik surat maupun lainnya dalam rangka suksesnya kegiatan yang di rencanakan.

Keuangan

  1.  Membuat rencana belanja rutin atau pengeluaran yang kemudian di serahkan kepada koordinator untuk mendapatkan arahan dan persetujuan sebelum di serahkan kepada finance.
  2. Membuat dan melaporkan setiap pengeluaran selama kegiatan dalam proyek  untuk di periksa dan di setujui kembali oleh coordinator dengan diketahui supervisior sebelum di serahkan kepada finance untuk di tindak lanjuti.
  3. Bertanggung jawab atas bukti-bukti transaksi (kwitansi, nota dll) sebagai pendukung pelaporan keuangan.
  4. Bukti transaksi di harapkan lengkap dengan sempel dan tanda tangan.

Kualifikasi dan Pendidikan Yang Dibutuhkan

Proyek Peningkatan taraf hidup masyarakat miskin dan rentan Perkotaan Mataram secara berkelanjutan ini memerlukan kecakapan staff dalam membangun hubungan dengan setiap unsur dan golongan di masyarakat dengan kualifikasi berikut:

Kualifikasi perilaku:

  1. Hidup bersama dengan masyarakat yang menjadi sasaran proyek
  2. Memiliki relasi yang menghasilkan hal baik bersama kaum perempuan, laki laki, anak anak dan juga para pemimpin serta tokok tokoh formal dan informal di tingkat desa
  3. Rendah hati dan menghargai orang lain secara terbuka
  4. Percaya dan setia kepada Tuhan
  5. Memiliki semangat belajar yang kuatpengalaman dalam kegiatan/proyek kesehatan masyarakat

Menanamkan nilai-nilai yang baik dalam kehidupan selama bekerja dan tinggal bersama masyarakat sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam perusahaan:

  1. Dinamis
  2. Menghormati
  3. Keterbukaan
  4. Bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama
  5. Bekerja sebagai ucapan syukur kepada Tuhan

Pendidikan

Pendidikan minimal ahli madya (D3), lebih disukai dibidang Psikologi, Sosial, Ekonomi, Manajemen, namun tidak dibatasi pada yang berlatar kesehatan atau yang relevan.

Pengalaman bekerja di bidang tersebut diatas merupakan nilai lebih dari Field Officer

Kompetensi Kompetensi Utama

  1. Melakukan prinsip prinsip pendidikan orang dewasa baik dalam lingkungan bekerja maupun dalam menerapkan kegiatan proyek termasuk melakukan PRA
  2. Terampil melakukan supervisi minimal terhadap kelompok maupun perorangan
  3. Mobilisasi masyarakat
  4. Prinsisp prinsip dasar koperasi atau simpan pinjam
  5. Survey rumah keluarga/rumah tangga dan pasar.
  6. Teknik teknik pemantauan dan evaluasi berbasis masyarakat dan partisipatif.

Kecakapan yang Lebih Disukai

Kecakapan berikut merupakan hal hal mutlak dan lebih disukai:

  1. Menguasai teknik dan melaksanakan PRA bersama masyrakat
  2. Menguasai teknis fasilitasi pertemuan, diskusi bersama berbagai pihak
  3. Mampu membuat media presentasi
  4. Menggunakan excel dan word dengan baik untuk membuat laporan, rencana kegiatan serta format format data hasil pemantauan.
  5. Menggunakan media sosial untuk membangun komunikasi dan relasi dengan berbagai pihak terutama warga penerima manfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© PERSAKMI All rights Reserved