Prosiding Seminar & Sarasehan Nasional Kesehatan Masyarakat 2015 “Pembangunan Berwawasan Kesehatan untuk Peningkatan Kualitas Hidup Manusia Indonesia”

Seminar dan Sarasehan Nasional Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia dengan tema “Pembangunan Berwawasan Kesehatan untuk Peningkatan Kualitas Hidup Manusia Indonesia”, yang diselenggarakan selama 2 hari (16-17 Oktober 2015) oleh Pengurus Daerah Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Ikatan Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Kegiatan ini berisi serangkaian acara yaitu plenary session, kiprah dan karya inovasi Sarjana Kesehatan Masyarakat, seminar nasional serta sarasehan perkembangan pendidikan kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini merupakan salah satu jawaban atas kompleksitas tantangan upaya peningkatan derajat kesehatan masyrakat di Indonesia. Berbagi temían teknologi intervensi terhadap penyakit telah banyak memberikan hasil yang cukup memuaskan namun fenomena angka kesakitan dan kematian di tengah masyarakat masih dirasakan cukup tinggi, seperti angka kematian ibu dan bayi, prevalensi gizi buruk serta prevalensi penyakit lainnya.

Pada tahun 2014 upaya penurunan angka kematian dan kesakitan seakan mengalami situasi yang sulit dan membutuhkan satu terobosan baru. Dengan kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional diharapkan mampu mengatasi masalah pembiayaan, namun pada sisi lain kebijakan ini cenderung mendorong sikap masyarakat ke arah kuratif, dan mengabaikan upaya preventif dan promotif. Pada titik inilah Sarjana Kesehatan Masyarakat dituntut berperan strategis untuk tetap konsisten pada PARADIGMA SEHAT, sekaligus membuktikan peran penghematan pembiayaan kesehatan melalui rekayasa sosial, pendekatan preventif-promotif dengan menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup daripada hanya mengandalkan pengobatan.

Pengurus Daerah PERSAKMI Provinsi Jawa Timur bertekad terus berupaya berkontribusi untuk meningkatkan peran kepedulian dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui peningkatan kompetensi Sarjana Kesehatan Masyarakat, penguatan organisasi dan kemitraan bersama stakeholder bidang kesehatan lainnya dalam upaya bersama terwujudnya masyarakat Indonesia yang sehat, berkeadilan dan berkemajuan.

Salam #inspiringSKM #SKMbersatu #PersakmiRumahSKM

Editor : 

  • Sri Sumarmi
  • Hidayatus Soliha
  • Rahmadiani Wijayanti
  • Oky Nor Sahana

Buku ini diterbitkan atas kerjasama:

HEALTH ADVOCACY | Yayasan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat. Jl. Bibis Karah I/41 Surabaya 60232. Email: healthadvocacy@information4u.com

Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) | Pengurus Daerah Provinsi Jawa Timur. Sekretariat: MTKP Provinsi Jawa Timur. Jl. A. Yani Nomor 118 Surabaya. Tel./Fax. : 031-8291745. Email : persakmi_jatim@yahoo.co.id. Website : www.persakmi.or.id

 

Unduh Gratis Disini

 

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares