SEGERA TERBIT: Aksesibilitas Puskesmas di Jawa Timur

Buku ini ditulis dengan memanfaatkan data sekunder dari hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2018. Para penulis menganalisis data tersebut untuk beberapa kajian dengan pendekatan kuantitatif. Selain mengkaji atau menganalisis pemanfaatan Puskesmas pada level Provinsi Jawa Timur, para penulis juga memberi perspektif analisis di beberapa bagian buku pada level regional, atau bagian dari wilayah provinsi. Diantaranya adalah Pulau Madura, Kabupaten-Kota Pasuruan, dan Kabupaten-Kota Probolinggo.

Di sisi lain, ada bagian buku yang penulis mengkaji menggunakan pendekatan kualitatif dengan memanfaatkan data primer. Pada bagian ini penulis melakukan pengumpulan data pada masyarakat secara langsung di Kabupaten Tulungagung. Penulis memanfaatkan Diskusi Kelompok Terarah (Focus Group Discussion) untuk dapat menggali perspektif masyarakat atas pelayanan Puskesmas di wilayah setempat.

Kombinasi kedua pendekatan ini, kuantitatif dan kualitatif, dalam buku ini diharapkan dapat memberikan analisis yang lengkap dan menyeluruh bagi asupan informasi pengambil kebijakan kesehatan di Provinsi Jawa Timur. Tidak hanya perspektif dari sisi pemegang program pelayanan kesehatan, tetapi juga memberi perspektif dari sisi masyarakat sebagai pengguna layanan Puskesmas.

 


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *