Serba Serbi Munas : Parade Kuliner Tradisional Nusantara di Jambore SKM Nasional I

Salah satu khas pertemuan nasional Persakmi adalah kehadiran makanan tradisional dan camilan khas daerah dari seluruh Indonesia. Demikian pula pada kegiatan Munas VI Persakmi di Surabaya. Peserta Munas dari seluruh Indonesia, dengan sukarela membawa berbagai camilan dan makanan tradisional dari masing-masing daerah.

Pada Munas VI Persakmi dan Jambore SKM Nasional I yang diselenggarakan di Hotel Grand Inna Tunjungan-Surabaya, selama 2 hari pada tanggal 24-25 Juni 2022, panitia penyelenggara menyisipkan saat sesi coffee break dengan parade kuliner tradisional nusantara.

Peserta Jambore SKM Nasional bebas mencicipi kuliner tradisional nusantara yang telah disiapkan panitia. Kali ini, selain kuliner makanan, ada beberapa jenis the dan kopi khas daerah. Kenikmatan kopi mandailing, kopi mamasa West Celebes adalah diantaranya yang dapat dinikmati peserta.

“Parade jajanan khas dari penjuru nusantara. Lumayan bisa ngincip berbagai makanan khas daerah. Lupakan sejenak diet…hahaha,” ujar Anik Setyarini, salah satu delegas Munas dari Tulungagung

Sekilas cerita tentang ciri khas acara nasional Persakmi yang selalu menghadirkan makanan tradisional dan camilan khas daerah dari seluruh Indonesia. Adalah Hanifa Maher Denny, ketua umum Persakmi periode 2010-2016 yang pertama kali menggagas ide tersebut.

“Persakmi adalah rumah SKM seluruh Indonesia. Salah satu wujudnya adalah setiap pertemuan nasional yang diselenggarakan Persakmi, peserta kita ‘wajibkan’ membawa berbagai macam khas kuliner daerah masing-masing. Inilah ciri khas Persakmi,” jelas Hanifa saat itu.

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shares