“Gugus Opini Kesehatan Masyarakat” oleh Rachmad A. Pua Geno, SKM., M.Kes, Oryz Setiawan,SKM, Agung Dwi Laksono, SKM., M.Kes

gugus opini 1Sinopsis: Buku yang disusun sebagai bunga rampai gugus opini ini mencoba menyampaikan alternatif pemikiran dan urun rembug terhadap fenomena dan permasalahan yang terjadi dalam ranah kesehatan di republik ini. Uraian yang terkadang tidak melulu dalam sudut pandang kesehatan, tetapi lebih kepada pendekatan yang lebih utuh, lebih komprehensif, sistemik.

Kebijakan pembangunan kesehatan seringkali berorientasi pada ranah praktis kuratif yang pada akhirnya seringkali pula melupakan upaya preventif-promotif. Opini yang dilempar penulis sungguh berupaya untuk mengem-balikan arah pembangunan kesehatan ke arah yang benar, dan menjaganya agar selalu on the right track. Upaya yang dilakukan dengan selalu memprovokasi opini pada level publik.
Bila terkesan ada pengulangan pesan, hal tersebut mau tidak mau, tidak bisa dihindari, karena sebagai konsistensi sebuah upaya advokasi untuk perubahan. Pengulangan sebuah pesan (message repeat) adalah bagian dari strategi untuk menciptakan opini public yang kontinyu dengan menggunakan momen/peristiwa yang berbeda. Apalagi perubahan yang diinginkan, dipandang belum terwujud secara optimal.
Pada akhirnya kami menaruh harapan besar bahwa gugus opini ini mampu memberikan penyegaran pemahaman bagi semua pelaku pembangunan kesehatan di Indonesia, terlebih lagi para pengambil kebijakan, baik di tingkat pusat maupun di tingkat kabupaten/kota serta propinsi. Pemahaman bahwa khittah pembangunan kesehatan harus lebih menitikberatkan pada upaya preventif-promotif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif.

Penulis: Rachmad A. Pua Geno, Oryz Setiawan, Agung Dwi Laksono

Penerbit: Kerja sama Health Advocacy & Persakmi

Tebal: 300 halaman

Harga: Gratis

File PDF (Dropbox): Unduh disini

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shares